Dr. Joko Daryatmo (areailmu.com)

Bermula dari notebook yang rusak, muncul kebutuhan untuk memasang harddisk notebook yang berukuran 2.5 inch ke bay harddisk pada PC yang berukuran 3.5 inch. Apa daya, casing PC model lama tidak mendukung pemasangan HD berukuran 2.5 inch secara native. Casing-casing komputer tipe baru biasanya sudah mulai ada dukungan terhadap drive berukuran 2.5 inch ini.

Sempat browsing kesana kemari, kebanyakan toko online yang menjual SSD bracket ada di luar negeri, ongkos kirim tentunya terlalu mahal. Sementara itu toko online dalam negeri tidak banyak yang mencantumkan dalam list dagangannya. Hanya beberapa toko yang mengaku menjual namun ketersediaan barang tersebut sayangnya, sangat tidak jelas. Bisa dimaklumi karena yang membutuhkan saat ini, tahun 2012, masih sedikit. Kebanyakan toko komputer hanya menjual bracket tersebut sebagai bawaan atau bonus, kalau kita membeli SSD yang tipe Retail. Yang tipe OEM, biasanya juga dijual tanpa bracketnya.

Terpaksa mencari alternatif lain, sehingga browsing berlanjut ke forum-forum komputer. Ada yang menyarankan buat custom dengan acrylic (kurang sreg, karena harus nyari acrylic dulu, modifikasi belum tahu caranya), modifikasi bracket plastik 3.5 inch ke 5.25 inch agar bisa digunakan untuk 2.5 inch (kurang sreg, mesti nyari bracketnya dulu, modifikasi relatif banyak serta kompatibilitas hasilnya meragukan), menempel langsung ke casing dengan semacam velcro atau dengan lakban (kurang sreg, soalnya tidak rapi), langsung menyekrup ke 3.5 inch bay pada PC saja namun cukup disekrup 2 buah saja, asal nempel (kurang sreg, karena kurang kokoh). Akhirnya browsing berakhir di suatu forum yang menyarankan menggunakan casing floppy disk drive bekas untuk bracket SSD. Sayangnya di forum itu modifikasinya kurang rapi dan kurang pas jika diaplikasikan pada PC penulis. Namun idenya menginspirasi penulis untuk memilih memodifikasi casing floppy drive sebagai bracket untuk harddisk 2.5 inch milik penulis.

Kebetulan penulis masih menyimpan floppy disk drive lama yang sudah tidak terpakai. Cukup dengan obeng minus dan plus, casing floppy bisa dilepas dan siap dimodifikasi, dengan harapan hasilnya mirip dengan SSD bracket yang biasa dijual sebagai bawaan pembelian SSD. Modifikasi cukup dengan menggunakan bor listrik tangan, mata bor besi ukuran 3 mm, pensil, penggaris, kertas minyak/ kertas tipis transparan, karton, gunting, kikir besi, amplas, paku dan palu.

Langkah modifikasi:

  1. harddisk 2.5 inch dicontoh layout contour dan lubang sekrupnya di bagian bawah harddisk dengan kertas minyak transparan menggunakan pensil. Rapikan hasilnya dengan penggaris. Cek ukurannya dibandingkan harddisk asli agar presisi, dengan menggunakan penggaris. Hasilnya ditempelkan pada kertas karton. Karton digunting dan dilubangi sesuai layout yang dicontoh.
  2. Karton yang sudah dilubangi dijadikan panduan membuat penanda untuk lubang sekrup pada plat casing FDD, menggunakan pensil, kemudian ditandai ulang dengan paku sehingga agak lekuk, supaya mudah dibor.
  3. Dengan mata bor 3 mm, plat casing FDD dilubangi sesuai penanda yang sudah dibuat.
  4. Bila diperlukan, tergantung tipe FDD yang kita gunakan, buat pula lubang- lubang yang diperlukan untuk menyekrup bracket custom ini ke casing PC dengan bor, jika lubangnya belum ada atau letaknya tidak pas dengan casing kita.
  5. Rapikan lubang-lubang yang sudah dibuat dengan kikir dan amplas.
  6. Siap dipasangi HD 2.5 inch/SSD, lalu dipasangkan pada drive bay 3.5 inch pada PC.
  7. Jika ingin lebih keren hasilnya, bisa dicat ulang dengan warna yang diinginkan, atau disesuaikan dengan warna casing PC kita. Selamat mencoba!

Hasilnya seperti ini: