Judul di atas sangat klise, namun ini nampaknya sesuai untuk beberapa situasi. Ada ungkapan “Everyone is ignorant, only in different subject”, kurang lebih artinya: semua orang adalah awam, pada bidang-bidang yang berbeda. Kalau disimpulkan, intinya kita semua harus selalu belajar, menambah ilmu. Bukan hanya di bidang pekerjaan kita namun juga bidang-bidang lain utamanya yang menyangkut hajat hidup kita dan keselamatan kita didunia dan juga nanti saat kita kembali kepada Sang Pencipta.

Kita memerlukan ilmu untuk selamat. That’s the point. Tanpa ilmu yang cukup dan dalam bidang yang tepat, kita tidak akan selamat.

Contoh sederhana:

Untuk bisa selamat naik sepeda kita harus belajar ilmu mengendarai sepeda,

Untuk bisa selamat saat berenang kita mestinya bisa berenang dulu (punya ilmu berenang).

Di bidang pendidikan, saat kita praktikum di laboratorium menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya, kita harus punya ilmu tentang cara menangani bahan kimia tersebut, Kita juga wajib tahu alat-alat keselamatan yang diperlukan dan wajib digunakan atau dipakai untuk tetap selamat saat praktikum.

Naik motor agar lebih aman (baca: selamat) kenakan helm yang berkualitas, jangan pula mengabaikan jaket dengan armor, pelindung siku dan sepatu khusus untuk mengendarai motor (memiliki pelindung tulang kering, jari kaki dan mata kaki).

Naik mobil juga wajib tidak lupa menerapkan ilmunya (selalu pasang sabuk pengaman), jika hujan deras, kaca mobil jangan ditutup rapat semuanya sebab bisa menyebabkan keracunan CO2 dari pernapasan para penumpangnya, juga jangan meninggalkan anak kecil di mobil di parkiran saat siang hari yang panas terik, suhu di dalam mobil bisa sangat panas dan membahayakan keselamatannya, apalagi kacanya tertutup.

Jangan jadi ignorant pada terlalu banyak subject. Belajarlah selalu. Agar kita semua bisa selamat. Amiin.